Main Catur Perlu Strategi?


Haiii! Finally, I have desires to publish about one of my hobbies, yeayy! Seperti kata di postingan sebelumnya, gue pernah mengikuti lomba catur ketika masih sekolah dasar, ya, karena main catur merupakan salah satu hobi gue dari dulu hingga hari ini. 

Catur adalah sebuah olahraga pikiran yang tidak akan mengeluarkan banyak keringat ketika bermainnya. Apalagi kalo mainnya di ruangan ber-AC. 

Cerita dikit dulu kali ya, jadi gue itu awalnya main catur gak sengaja. Dulu gue ingin banget ikut serta pekan olaharaga dan seni antarkelas pada saat masih kelas 3 SD. Tapi gue gak tahu mesti ikut apa, karena gue gak punya bakat dalam hal-hal begituan dari pas masih kecil. Sampai di hari terakhir pendaftaran, yang dibutuhkan dari kelas gue adalah peserta lomba catur dan bernyanyi. Guru gue menawarkan gue untuk mengikuti lomba nyanyi tanpa alasan. Karena gue itu orangnya pemalu tingkat tinggi, mana mau gue nyanyi di depan orang banyak. Jadi, gue nekat aja bilang ke guru gue kalo gue bersedia mengikuti lomba catur sebagai gantinya. Dan guru gue mengizinkan tanpa ragu. 

Nah, gue yang sama sekali gak tau gimana cara bermain catur itu pun langsung mencari papa gue sepulang sekolah. Gue minta langsung diajarkan cara bermainnya. Dan entah keajaiban apa yang membuat gue lancar menghapal semua susunan dan fungsi bidaknya hanya dalam waktu semalam kurang. 
Kenapa semalam aja latihannya? karena hari besoknya itu lomba langsung dimulai. Papa gue cuma mengajarkan teknik-teknik dasar dan beberapa strategi (yang masih gue pakai sampai saat ini). Puji syukur kepada Allah Swt. entah karena otak anak kecil itu encer apa gimana, gue berhasil menguasai permainan catur yang diajarkan oleh papa sampai gue menang lomba tingkat sekolah yang saingannya adalah kakak-kakak kelas gue dari kelas 5 dan 6. Fun fact: semuanya laki-laki. 

Oke, jadi begitu. Banyak orang yang gue kenal sering insecure duluan mendengar permainan catur. Ada yang menghubungkan itu ke IQ lah, bakatlah, kepintaran, dll. Padahal menurut gue sih nggak ya. Yang terpenting adalah kita mengetahui bagaimana cara bermain dan strateginya. 

Manajemen emosi, teknik, serta kemampuan dibutuhkan oleh para pemain catur supaya bisa mengalahkan lawan. Setiap langkah dalam permainan catur mengandung tujuan untuk "memakan korban" atau mematikan lawan. Itulah mengapa perang strategi sangat dibutuhkan ketika kamu semua bermain catur. 
Seperti yang pernah diucapkan oleh salahsatu grandmaster olahraga ini: 
... dalam permainan catur isinya adalah 99% strategi. 

Jadi, di postingan kali ini gue akan menceritakan tentang bagaimana strategi bermain catur a la gue. 

Disclaimer dulu tapinya. Strategi yang gue kasih gak bakal menjamin kalian menang lawan catur semua orang. Dan bukan berarti gue udah pro ya hehehe. Gue juga masih belajar dan perlu practice lebih banyak lagi. 



Sebelum masuk ke strategi, buat yang belum tahu gimana cara bermain, susunan, dan aturannya, bisa cek artikel berikut dulu. 

Oke, don't let any further ado, let's get started! 

1. Memperhatikan waktu.

Ini gak berlaku kalo kamu main santai-santai bareng temen atau calon mertua sih. Tapi dalam perlombaan catur, memerhatikan waktu yang dapat dipakai adalah penting. Apabila dalam satu permainan memiliki durasi 90 menit atau satu setengah jam dalam 30 langkah, itu artinya kamu perlu menyiapkan 1 langkah maksimal dalam 3 menit karena alokasi waktunya adalah 90/30 dan itu artinya 3 menit per langkah.

2. Melakukan pemetaan.

Ini opsional sih, gak wajib. Kalo kamu udah bagus insting mainnya gak perlu pemetaan lagi, langsung mulai aja. Pemetaan yang gue maksud di sini adalah sebelum bergerak melangkahkan pion, lakukanlah pemetaan alias mapping. Tujuan dari hal ini adalah untuk menentukan wilayah mana yang hendak diserang oleh prajurit biasa. Pion kuda pun di sini bertugas mengelabui lawan dan benteng menjaga raja, sementara perdana menteri bisa menekan.

3. Langkah elegan.

Permainan catur di awal bisa dibuka dengan langkah yang elegan. Artinya penting banget buat pemain menjalankan satu pion dengan dua langkah. Alternatifnya, bisa mengambil dua pion dari sisi kanan dan kiri masing-masing satu langkah. Hahaha, strategi ini adalah yang mengalahkan gue waktu lomba dulu itu.

4. Melangkahkan benteng sebelum menteri. 

Pada permainan catur, penting juga untuk tahu strategi di mana yang dilangkahkan dahulu tepat sebelum menteri adalah benteng. Namun strategi ini bisa dilakukan kalau memang kondisi memungkinkan dan tak menjadi strategi yang wajib. Ada baiknya melangkahkan benteng lebih dulu karena benteng ini dapat menjadi penjaga terakhir raja.

5. Jangan takut merelakan tentara jika terdesak.

Jangan takut untuk merelakan salah satu tentara ketika sedang bermain catur. Tak masalah kok kalo memang posisi sedang terdesak karena lawan terus memberikan tekanan kepada kamu. Merelakan salah satu tentara merupakan strategi yang baik sebab dengan cara ini kamu justru bisa memperoleh tentara dari lawan yang bahkan jabatannya bisa kemungkinan lebih tinggi. Terpaksa memang, namun cara ini cukup bagus dan gak begitu merugikan bukan?

6. Mempersempit gerakan lawan.

Jangan biarkan lawan kamu terlalu leluasa dalam bergerak karena ini menjadi kurang baik. Karena menurut gue, lawan kamu bisa menembus pertahanan kamu kapan pun tanpa diduga. Maka dari itu, perhatikan setiap pergerakannya dan kalau bisa kamu turut memperkirakan arahnya sehingga bisa memotongnya.

7. Tidak mengisolasi prajurit.

Ada pula strategi yang sebaiknya diketahui, yakni kamu bisa mencoba untuk nggak mengisolasi prajurit. Kerajaan catur kamu begitu berharga sehingga harus dibela sampai titik usaha penghabisan sebab setiap nyawanya sangatlah penting, jadi cobalah untuk tak mengisolasi prajurit dalam permainan kamu. 

8. Menunda skak hingga waktunya tepat.

Pada permainan catur, sekak bukanlah hal yang bisa dilakukan kapanpun kamu mau dan bisa. Karena dalam catur selalu berhubungan dengan strategi, maka yang paling penting di sini adalah menunggu waktu atau momen yang tepat hingga kamu akhirnya bisa men-sekak raja lawan. Jika sekak dilakukan terlalu cepat, bisa-bisa usaha kamu malah menjadi sia-sia.

Itu dia strategi yang gue pakai selama ini. Sebenernya masih ada lagi, cuma kayaknya kamu perlu kuasai yang itu dulu deh dikit-dikit. Gue akan update terus strategi-strategi lain buat pemain catur dalam blog ini kalo gue gak males. Kunci utamanya adalah tetap fokus dan rileks. Jangan terburu-buru, jangan terlihat pusing dan gelisah oleh lawan. Sama kayak kalo kamu bilang "gapapa" doang ke gebetan. SANTAI. Meskipun hati dan pikiran menggebu-gebu kepengen menang. Hahaha. 

See you in the next post. Have a great life! 🌞🙋

You Might Also Like

1 Comments

SYAA

My photo
coffeetalkie
Indonesia
Halo folks! Welcome to my random thoughts. My name is Natasyariana Sonawan. Syaa for short. An INTJ for seven times of MBTI test. 17 and still evolves. Live to read. To write. And to learn. You might haven't known me before. Now here you are.
View my complete profile